RINGKASAN INFORMASI PRODUK KARTU KREDIT


KARTU KREDIT MNC BANK

Kartu Kredit MNC Bank adalah alat pembayaran pengganti uang tunai yang dapat Anda gunakan pada saat melakukan transaksi pembelanjaan dan tarik tunai. Anda dapat berbelanja atau bertransaksi terlebih dahulu dan membayar kemudian sesuai dengan tagihan (billing statement) yang disampaikan oleh MNC Bank kepada Anda setiap bulan.


JENIS – JENIS KARTU KREDIT MNC BANK

MNC Bank senantiasa memberi kemudahan dan kenyamanan Anda melalui produk dan layanan. Berikut jenis Kartu Kredit MNC Bank:

  1. Kartu Kredit Visa Gold
  2. Kartu Kredit Platinum
  3. Kartu Kredit Titanium Motion

BENEFIT

Keuntungan dan keistimewaan yang bisa Anda dapatkan sebagai pemegang Kartu Kredit MNC Bank

  • MNC Pay
    Ubah transaksi pembelanjaan Anda menjadi cicilan bulanan dengan bunga khusus
  • Penerimaan luas di seluruh dunia
    Kartu Kredit MNC Bank bisa digunakan di lebih dari 20 juta tempat pembelanjaan di seluruh dunia.
  • Call Center, Layanan 24 Jam
    Untuk mendapatkan informasi mengenai Kartu Kredit MNC Bank termasuk pengajuan kartu kredit, Anda dapat menghubungi Call Center di 1500188 yang dapat di akses dari seluruh wilayah Indonesia tanpa kode area dan dikenakan pulsa lokal, 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

CASH ADVANCE / TARIK TUNAI

Kami juga menyediakan fasilitas penarikan uang tunai dengan batas tertentu dari limit kartu kredit Anda. Anda dapat memperoleh uang tunai dengan kartu kredit Anda melalui ATM berlogo Visa dan Plus untuk kartu Visa dan ATM berlogo MasterCard untuk kartu MasterCard.


SYARAT UMUM PENGAJUAN KARTU KREDIT MNC BANK
  • Usia Pemegang Kartu:

    Kartu Utama minimal 21 tahun maksimal 65 tahun

    Kartu Tambahan minimal 17 tahun maksimal 70 tahun

  • Persyaratan Penghasilan

    Minimum Penghasilan:

    Kartu Kredit Gold : Rp 48.000.000,- per tahun.

    Kartu Kredit Platinum : Rp 120.000.000,- per tahun.

    Kartu Kredit Motion : Rp 60.000.000,- per tahun.


    Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia, jika penghasilan Anda diantara Rp 3.000.000 - Rp 10.000.000 net (take home pay) per bulan, maka:

    1. Maksimum jumlah kartu kredit yang dapat dimiliki adalah dari 2 bank penerbit (termasuk MNC Bank) dan/atau;
    2. Maksimum total limit kartu kredit yang dapat dimiliki adalah 3 kali pendapatan net per bulan.
  • Persyaratan Dokumen:
    1. Fotokopi KTP
    2. Untuk WNA, fotokopi KITAS dan paspor
    3. Fotokopi NPWP
    4. Bukti penghasilan
    5. Untuk kartu tambahan wajib menyertakan fotokopi KTP/KITAS

TARIF DAN BIAYA

Untuk tarif dan biaya kartu kredit MNC Bank silakan akses Halaman Tarif dan Layanan


CARA PENGGUNAAN KARTU KREDIT MNC BANK

Hal yang perlu Anda lakukan saat melakukan transaksi belanja:

  1. Periksalah tanggal Anda melakukan transaksi
  2. Perhatikan jumlah transaksi Anda dan pastikan jumlah transaksi Anda sesuai sebelum Anda memasukkan 6 digit PIN atau menandatangani slip penjualan (mohon menjaga kerahasiaan dan keamanan PIN)
  3. Apabila terdapat kesalahan jumlah transaksi, Anda tidak perlu memasukkan PIN atau menadatangani slip penjualan. Harap pastikan transaksi tersebut telah dibatalkan. Simpanlah slip penjualan yang Anda terima sebagai bukti pembelian/pembayaran Anda, untuk kemudian dicocokkan dengan Rekening Tagihan (billing statement) periode tagihan berikutnya.
  4. Periksa kembali nama Anda pada Kartu Kredit MNC Bank Anda setelah bertransaksi untuk mencegah tertukarnya Kartu Kredit Anda.

CARA PEMBAYARAN KARTU KREDIT MNC BANK

Pembayaran Kartu Kredit MNC Bank dapat dilakukan melalui:

  1. Sarana pembayaran MNC Bank
    • Cabang MNC Bank (selama jam kas buka)
    • ATM MNC Bank
    • Fasilitas Autodebet rekening MNC Bank
  2. Pembayaran transfer melalui bank lain
  3. Melalui ATM Bersama
  4. Melalui ATM CIMB Niaga, ATM MayBank dan ATM Permata Bank
  5. Melalui ATM BCA

Demi kenyamanan Anda bertransaksi dan menghindari denda keterlambatan, tagihan kartu kredit harus Anda bayarkan paling lambat pada tanggal jatuh tempo yang telah ditetapkan (efektif dana diterima MNC Bank).


Jumlah pembayaran yang dapat Anda tentukan, yaitu:

  • Minimum atas total tagihan, atau
  • Sebagian atas total tagihan (di atas pembayaran minimum), atau
  • Total seluruh tagihan Anda

SIMULASI PERHITUNGAN BUNGA

Bunga yang digunakan pada simulasi sebesar 2,95% per bulan atau 35,4% per tahun. Suku bunga bisa berubah berdasarkan ketentuan yang berlaku dan akan diinformasikan ke nasabah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Contoh Perhitungan Bunga atas Pembayaran Minimum.



Tanggal Transaksi Tanggal Buku Transaksi Transaksi Jumlah Transaksi Biaya Bunga
29 Maret 31 Maret Transaksi Ritel (transaksi A) Rp 505.250 Rp 12.251,58
25 April 25 April Saldo setelah pembayaran diatas minimum (transaksi B) Rp 255.250 Rp 3.713,36

Keterangan
  • Perhitungan bunga transaksi A dari tanggal buku transaksi s.d. sebelum tanggal pembayaran
    (31/03 s.d. 24/04 = 25 hari) Rp 505.250 x 25/365 x 2,95% x 12 bln = Rp 12,251.58
  • Perhitungan bunga transaksi B dari tanggal buku transaksi s.d. tanggal cetak bulan berikutnya
    (25/04 s.d. 09/05 = 16 hari) Rp 255.250 x 16/365 x 2,95% x 12 bln = Rp 3,713.36

PENTING!!

Bila Anda menemukan transaksi yang bukan merupakan transaksi Anda atau pemegang kartu tambahan Anda pada rekening tagihan (billing statement) Kartu Kredit MNC Bank Anda, ajukan segera pertanyaan atau keberatan Anda melalui layanan 24 jam Call Center di 1500188 dan susulkan surat pernyataan penyanggahan transaksi secara tertulis ke MNC Bank, selambat-lambatnya 14 (empat belas) hari kalender sejak tanggal pencetakan rekening tagihan Anda.

Seluruh nilai transaksi Kartu Kredit Anda akan dibebankan pada kartu kredit dalam mata uang rupiah. Transaksi yang dilakukan dalam mata uang selain mata uang rupiah akan dikonversikan ke mata uang rupiah sesuai ketentuan konversi berdasarkan kurs yang berlaku pada Visa/Mastercard International serta biaya konversi yang ditetapkan Bank pada saat transaksi kartu kredit dibukukan di Bank.


TATA CARA PELAYANAN DAN PENGADUAN NASABAH

Nasabah dapat menyampaikan pengaduan kepada MNC Bank melalui beberapa cara yang dimiliki MNC Bank, diantaranya:




RISIKO TERKAIT KARTU KREDIT

Risiko terkait kartu kredit

  1. Penyalahgunaan Kartu Kredit karena kartu kredit dan PIN diketahui atau diserahkan ke pihak lain. Anda bertanggung jawab atas segala risiko penyalahgunaan kartu kredit sehubungan dengan kartu kredit dan PIN Anda. Untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit, simpan dan jaga kartu kredit dan PIN Anda dengan baik, Jangan memberitahukan nomor PIN Anda kepada pihak manapun yang tidak berkepentingan. Lakukan perubahan PIN Anda secara berkala. MNC Bank tidak memberikan kuasa kepada pihak manapun untuk mengambil kartu kredit dan PIN.
  2. Segera laporkan ke petugas kami melalui layanan 24 jam Call Center di 1500188 begitu Anda mengetahui kartu Anda hilang atau di curi, di mana pun Anda berada. Pemegang kartu tetap bertanggung jawab sepenuhnya atas seluruh transaksi yang telah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit sebelum diterimanya pemberitahuan oleh Bank mengenai kehilangan dan atau pencurian kartu kredit tersebut. Pemegang kartu juga bertanggung jawab atas semua penarikan uang tunai/cash advance yang telah dilakukan dengan menggunakan kartu kredit dengan verifikasi yang sah berupa PIN.
  3. Apabila sampai dengan pada Tanggal Jatuh Tempo atau pada hari kerja berikutnya jika Tanggal Jatuh Tempo adalah hari libur, Bank belum menerima pembayaran sebesar jumlah yang ditagih atau sekurang-kurangnya sebesar Minimum Payment dari pemegang kartu, maka pemegang kartu wajib membayar denda keterlambatan, bunga, dan biaya-biaya lainya dengan jumlah yang ditentukan oleh Bank.
  4. Dalam hal pemegang kartu tidak melakukan pembayaran tagihan sebagaimana diatur dalam persyaratan dan ketentuan ini atau jika kualitas tagihan kartu kredit dimaksud telah termasuk dalam kualitas macet berdasarkan kriteria kolektibilitas sesuai ketentuan Bank Indonesia, maka Bank dapat menggunakan tenaga penagihan sendiri atau jasa pihak ketiga untuk melakukan penagihan sampai dengan tagihan dan denda dibayar lunas.
  5. Jika pemegang kartu tidak menginginkan status yang tercatat di Bank Indonesia dalam kondisi selain ”Lancar”, maka pemegang kartu bertanggung jawab untuk menjaga status kartunya dalam kondisi “Lancar” yaitu kondisi dimana pembayaran dilakukan tepat waktu dan tidak terjadi penunggakan.